Jenis-Jenis Tanaman Gandum (Triticum spp) Berdasarkan Bentuk dan Tekstur Biji

Gandum

merupakan jenis tanaman yang memiliki penamaan ilmiah Triticum spp merupakan kerabat dekat jenis rumput-rumputan (Poaceae) dan tergolong  jenis-jenis Tanaman Pangan golongan biji-bijian (Serealia),memiliki klasifikasi morfologi berakar serabut,berbatang tegak,beruas dan berongga,berbunga majemuk,sistem penyerbukan sendiri (Self polination) dan tanaman ini memerlukan cukup air dan tahan terhadap kekeringan mampu tumbuh subur di iklim Sub-tropis terutama di dataran tinggi (≥ 1000 mdpl).

 

Sejarah mencatat bahwa tanaman gandum berasal dari sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania  tepat didaerah Turki, Siria, Irak, Iran, Mesir dan Cina, sejarah cina mencatat terdapat tulisan kuno yang menjelaskan bahwa tanaman gandum telah ada di Cina pada 2.700 sebelum masehi (SM). Pada tahun 2012 negara Indonesia tercatat sebagai negara kedua setelah negara Mesir yang mengimpor gandum yang diprediksi menembus angka 7,1 juta ton berdasarkan laporan United State Department of Agriculture (USDA), rata-rata impor gandum pertahun 4 juta ton dengan negara tujuan Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Dewasa ini pemanfaatan tanaman gandum ditelah merambah di industri makanan pokok dan pakan ternak.

Lembaga gandum merupakan bagian yang kaya akan berbagai zat gizi dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Lembaga gandum memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti serat pangan, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan dan selenium. Selain itu, bagian ini juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin E, zat besi dan asam lemak essensial. Dengan kandungan natrium yang rendah dan tidak mengandung kolesterol semakin memperkuat intisari gandum sebagai bagian yang paling bergizi dari biji gandum.

Baca Juga:

Macam Tanaman Pangan

Budidaya Gandum (Triticum spp)

Jenis Gandum Berdasarkan Bentuk Biji Dan Tekstur

Triticum aestivum (Hard wheat)

Jenis gandum ini lebih populer dan paling banyak dibudidayakan di dunia dalam menciptakan bahan produk roti yang lezat dan nikmat,karena kandungan protein yang tinggi dibandingkan jenis gandum lain.jenis gandum ini memiliki ciri-ciri dengan kulit luar yang berwarna coklat, berbiji keras dan mempunyai daya serap air tinggi.

cover-triticum-aestivum-hard-wheat-seputarpertanian-com

Triticum compactum (Soft wheat)

Jenis gandum ini lebih populer pemanfaatanya untuk pembuatan biskuit, jenis gandum ini memiliki nilai kandungan protein dan jenis gandum ini memiliki ciri-ciri kulit luar berwarna putih dan merah,berbiji lunak dan mempunyai daya serap air rendah.

cover-triticum-compactum-soft-wheat-seputarpertanian-com

Triticum durum (Durun wheat)

Triticum durum (Durun wheat).Jenis gandum ini lebih populer pemanfaatnya untuk pembuatan produk pasta seperti; spageti dan makaroni dll. Jenis gandum ini memiliki warna dominan kuning dengan ciri-ciri kulit luar berwarna kuning,berbiji keras dan mempunyai daya serap air rendah.

cover-triticum-durum-durun-wheat-seputarpertanian-com

Baca Juga Artikel Ini:

 

author

Leave a reply "Jenis-Jenis Tanaman Gandum (Triticum spp) Berdasarkan Bentuk dan Tekstur Biji"