Panduan Lengkap Menanam Jambu Air Madu Di Polibeg Secara Baik Dan Benar

Jambu Air Madu

merupakan jenis varietas jambu air unggulan subsektor buah tahunan Tanaman Hortikultura paling banyak di tanam dan juga bernilai ekonomis tinggi,tidak hanya dari pemanfaatan hasil buahnya saja, akan tetapi sampai perbanyakan bibit pun memiliki nilai cukup komersial. Seperti kita ketahui bersama bahwa jambu air madu merupakan jenis varietas asli Indonesia yang memiliki rasa manis,daging buah lembut serta banyak mengandung air dengan kulit buah berwarna hijau muda dan bobot rata-rata buah mencapai 40-50 gram juga dilengkapi sumber vitamin yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga Artikel Terkait:

Peluang Agribisnis Jambu Air Madu

Jambu air jenis tanaman yang memiliki Prospek Pengembangan yang potensial,mulai dari pemanfaatan bibit (perbanyakan tanaman) sampai pemanfaatan hasil. Jambu air madu terbilang jenis varietas paling laris manis untuk di buru para pembibit dan konsumen dan tidak hanya itu harga bibitnya pun terbilang cukup mahal mulai dari 40.000-75.000/tanaman. Kendala utama dalam pengembangan peluang agribisnis untuk jenis buah jambu air adalah jenis buah ini mudah sekali busuk dan tidak tahan lama untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama,oleh karena itu peluang agribisnis lebih prospek terhadap perbanyakan bibit,karena lebih menjanjikan,namun pada kesempatan kali ini,saya tidak membahas mengenai cara perbanyakan tanaman jambu air akan tetapi,panduan dan tata cara menanam bibit jambu air secara baik dan benar.

Baca Juga Artikel Terkait:

Jambu Air Madu

Jambu Air Madu

Cara Menanam Jambu Air Madu Di Polibeg

  • Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap tanaman membutuhkan kesesuaian media pertumbuhan untuk jambu air untuk tumbuh subur dan berbuah, tanaman jambu air cocok ditanam dengan tanah subur,gembur dan banyak mengandung bahan organik,mengingikan curah hujannya rendah/kering sekitar 500-3.000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Ketinggian Tempat Tanaman jambu air mempunyai daya adaptasi yang cukup besar di lingkungan tropis dari dataran rendah sampai tinggi mencapai 1.000 m dpl. Kondisi kesesuailan lahan tersebut, maka jambu air akan memberikan kualitas buah yang baik dengan rasa lebih manis.
  • Tahapan pertama dalam panduan menanam jambu air madu di polibeg dimulai dengan memilih bibit jambu air madu yang sehat,terhindar dari organisme penganggu tanaman (OPT),hasil perbanyakan secara vegetatif baik secara sampung pucuk (grafting) maupun cara cangkok,hal ini perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif terbilang memiliki waktu berbuah yang relatif singkat dengan menanam dengan cara biji.
  • Kemudian menyiapkan bahan media tanaman berupa; tanah top soil (15-20 cm dari permukaan tanah),pupuk kandang,aram sekam matang dan polibeg berukuran 20 x 30 cm,tahapan selanjutnya dengan memasukan media bahan tanam tersebut kedalam polibeg yang masing-masing dengan perbandingan (2:1:1) yang diikuti dengan penanam bibit. Teknik penanaman dimulai dengan merobek polibeg bawaan dari bibit,usahakan tanah bawaan dari polibeg tersebut tidak hancur atau gugur. Letakan bibit tepat didalam polibeg dengan 10-15 dari batas leher samaii dengan permukaan polibeg.
  • Lakukan pemeliharaan rutin untuk menjaga pertumbuhan dari serangan HPT (Hama Penyakit Tanaman) dengan terus, menjaga sanitas kebun,dengan menjaga pertumbuhan gulma disekeliling polibeg dan area penanaman,pengendalian gulma tersebut dengan cara mekanis yaitu dengan cara mengorek,mencambut dan mencangkul. Penyiraman 2 kali sehari penting saat tanaman 1-2 minggu (tidak terdapat hujan alami) dengan mengunakan gembor,setiap pertiga bulan sekali lakukan pemupukan bertahap cukup dengan NPK. Pemberian pupuk NPK cukup ditabur disekeliling polibeg dengan dosis diawal penanaman 2-3 gr/polibeg,pemupukan kedua 5-7 gr/polibeg.
  • Panen jambu air madu setelah tanaman berumur 2,5-3 tahun, berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun (Juli dan September) dan buahnya masak pada Agustus dan Nopember. Ciri-ciri buah jambu air madu yang dapat dipanen apabila,warna kulit juga bentuk ukuran berubah menjadi hijau dan begitu pula dengan ukurannya yang bertambah besar.

Baca Juga Artikel Ini:

author

Leave a reply "Panduan Lengkap Menanam Jambu Air Madu Di Polibeg Secara Baik Dan Benar"